Beauty and The Best

Monday, 30 August 2010

MENINGKATKAN MINAT BACA

Oleh : MAHMUD, S.Pd (Kepala SMP Negeri Bulo)
Masyarakat Indonesia hingga kini masih tergolong masyarakat yang mempunyai minat baca atau katakanlah minat baca masyarakat Indonesia masih rendah. Sekalipun minat baca masyarakat Indonesia masih rendah, tapi kita tidak perlu pesimis. Untuk membangkitkan minat baca masyarakat, kiranya patut segera ditanamkan, terutama kepada anak-anak sekolah karena mereka mempunyai kaitan erat dengan membaca. Bagi siswa sesungguhnya membaca merupakan
kewajiban atau bagian yang terpenting yang tidak dapat dipisahkan.
Oleh karena itu, siswa perlu mendapat prioritas dalam upaya membangkitakn minat baca masyarakat. Namun, para siswa perlu mendapat keteladanan dalam membaca, terutama dari guru dan orang tua. Apabila guru dan orang tua belum dapat memerankan keteladanan membaca, akan sulit bagi para siswa untuk mempunyai kegemaran membaca.
Dalam memberikan keteladanan di bidang membaca, guru dan orang tua tidak perlu memamerkan aktivitas membacanya di hadapan siswa atau anak-anak sehingga kelihatan overakting. Mereka cukup menceritakan sesuatu yang cukup aktual dari bacaan surat kabar, tambahan referensi dari internet dsb.Misalnya, apabila guru dapat menyisipkan berita-berita yang aktual di sela-sela kesibukan mengajar, pasti pelajaran yang disampaikan tidak menjenuhkan siswa. Demikian juga orang tua, dapat melakukannya di saat senggang ketika berkumpul  dengan keluarganya. Sesungguhnya guru-guru yang mapu berbuat demikian akan membantu dirinya dalam meningkatkan kewibawaan di mata siswa, terlebih jika guru mampumenghubungkan bahan bacaan dengan pelajaran yang dibawakannya. Dengan cara iitu, guru mempunyai wawasan yang luas terhadap bidang studi yang ditanganinya. Adanya wawasan yang luas pada diri guru memungkinkan para siswa beranggapan bahwa gurunya pandai. Siswa akan menaruh hormat kepada guru yang dianggap berwawasan daripada guru yang dianggap angker dan galak. Akibat yang lebih jauh lagi, guru yang seperti ini akan disegani siswa juga dapat dijadikan mitra siswa dalam belajar.

5 comments:

  1. Meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat (khususnya generasi muda) memang tak mudah, apalagi dengan hadirnya media elektronik :)

    ReplyDelete
  2. Selamat Idul Fitri .. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum.
    Mohon maaf lahir dan batin .

    ReplyDelete
  3. Selamat berlebaran di 1 Syawal 1431 h ini, semoga kita mendapatkan kemenangan dan kemballi ke fitrah kita sebagai manusia… Amin

    ReplyDelete
  4. Masyarakat kita sekarang ini baru pada tahap hearing society belum read sociaty ya sob.. met lebaran ya

    ReplyDelete

leave your comment

 
Copyright SMP NEGERI BULO © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.