Beauty and The Best

Sunday, 16 May 2010

Kemampuan diri anda

KENALI KEMAMPUAN PADA DIRI ANDA
By: Masykur, S.Pd

Ada tujuh jenis kemampuan dasar yang mengakibatkan adanya perbedaan pada setiap orang dalam menyerap dunia luar. Apa sajakah itu?
  1. Kemampuan berbahasa, yaitu kemmapuan mengolah kata-kata. Kemampuan ini terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia. Orang yang kemampuan berbahasanya tinggi, setelah dewasa biasanya mampu mengajukan pendapat dengan menarik.

     
  2. Kemampuan mengurutkan kejadian, yaitu kemampuan menghubungkan lambang yang satu dengan lambang yang lain dan kemampuan berpikir berdasarkan kaidah sebab-akibat
  3. Kemampuan berpikir berdasarkan gambar, ruang atau bentuk yang dilihat, kemudian menerapkannya ke dalam perincian pikiran yang baik.
  4. Kemampuan yang berkaitan dengan musik atau ritme. Mereka yang mempunyai kemampuan musik yang tinggi umumnya mampu membedakan suara dengan baik.
  5. Kemampuan mengendalikan dan meningkatkan fisik, misalnya terwujud dalam kecepatan tubuh dalam bergerak
  6. Kemampuan berhubungan atau bekerja sama dengan orang lain. Yang termasuk dalam kemampuan ini adalah empati, memahami orang lain, dan mudah bergaul
  7. Kemampuan bermawas diri, yaitu melihat diri sendiri seperti orang lain melihat dirinya
Ketujuh kemampuan ini ada pada semua orang dan saling berhubungan satu sama lain. Dengan kata lain, masing-masing tidak berdiri sendiri. Perbedaannya terletak pada kemampuan manakah yang menonjol pada setiap orang. Kekurangan salah satu kemampuan bisa ditingkatkan atau dikembangkan. Peningkatan ketujuh kemampuan ini itu sendiri akan mencapai tingkat tertinggi bila dilatih sejak dini..

3 comments:

  1. Setuju tuh mas...kalo menurut saya sih kemampuan itu bisa disebut bakat, kalau tidak diasah atau dilatih kemampuan itu tidak akan berkembang. Eh...kayaknya ada yang lain di blog ini, atau karena saya jarang mampir ya ?

    Salam hangat & sukses selalu...

    ReplyDelete
  2. Thank you very much for your comments

    ReplyDelete

leave your comment

 
Copyright SMP NEGERI BULO © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.